SOSIALISASI CORPORATE VALUE

                                                               

PT Pelabuhan Indonesia IV(Persero) adalah salah satu BUMN yang didirikan dengan mengemban Misi memberikan pelayanan yang optimal kepada para stakeholder dan memberikan nilai tambah secara komersial dan memiliki Visi “Menjadi Perusahaan yang bernilai dan Berdaya Tarik Tinggi melalui Proses dan Pelayanan Unggul dengan Orang – Orang yang Bahagia”.

Dalam rangka mendukung pencapaian Visi dan Visi PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) dan berkinerja baik di Indonesia, PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) telah melakukan beberapa perubahan, salah satunya perubahanbudaya perusahaan. Budaya perusahaan tersebut mencerminkan semangat PT Pelindo IV (Persero) dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dan dinamis. Nilai-nilai budaya perusahaan (corporate values) yang telah dirumuskan yaitu INTANKU PELANGGAN  yang merupakan perwujudan dari Integritas, Antusias, Kolaborasi, Kompeten, dan Fokus Pelanggan yang dijabarkan dalam  22 perilaku utama. 

Kegiatan ini dilaksanakan di PT Pelindo IV (Persero) Cabang Samarinda pada tanggal 2 Oktober 2014 lalu dan diikuti oleh seluruh pegawai untuk menyukseskan kegiatan ini dan diharapkan dapat diimplementasikan dengan baik sesuai dengan harapan Manajemen PT Pelindo IV (Persero).

Corporate values atau nilai-nilai perusahaan adalah inti dari budaya perusahaan, yang akan mengelilingi setiap orang setiap saat, untuk semua atas apa yang harus dilakukan. Budaya perusahaan yang kuat akan membantu setiap orang di dalam perusahaan untuk memahami bagaimana nilai-nilai perusahaan itu dibuat, tertanam, dikembangkan, dimanfaatkan, dikelola dan diubah sesuai kemajuan jaman oleh perubahan. Nilai-nilai perusahaan adalah jantung dari budaya perusahaan, yang mendefinisikan semua perilaku karyawan dan kepemimpinan, dalam menjalankan fungsi dan peran sebagai warga korporasi yang berkualitas unggul.

Sosialisasi di tempat kerja adalah penting untuk membangun rasa percaya diri dan kebiasaan pola kerja dalam budaya kerja yang diharapkan. Sosialisasi juga akan mendorong setiap orang untuk selalu termotivasi dan memiliki tanggung jawab pribadi yang konsisten, untuk melakukan pekerjaan dengan berkualitas dan sepenuh hati.

Agar corporate values tersebut dapat diimplementasikan oleh seluruh jajaran organisasi PT Pelindo IV (Persero) dalam setiap aktivitas sehari-hari, maka akan dilakukan upaya internalisasi nilai-nilai budaya melalui program-program budaya antara lain:

  • Training lanjutan bagi agen of change dan change leaders  
  • Mendorong setiap Cabang kerja untuk memiliki program budaya
  • Mengintegrasikan nilai-nilai budaya dalam HR system

Proses perubahan budaya bukanlah suatu hal yang mudah, namun dengan adanya komitmen yang kuat dari seluruh jajaran organisasi PT Pelindo IV (Persero) terutama top management, maka PT Pelindo IV (Persero) optimis dapat melakukan transformasi dan mencapai visi dan misinya. (Dhila)