Tingkatkan Daya Saing, Pelindo 4 Samarinda Lakukan Pelayanan 24 Jam

pelindo4samarinda.co.id, SAMARINDA - Pelindo 4 Samarinda melakukan pelayanan pelabuhan 24 jam Mulai Bulan November 2016. Penambahan jam itu guna meningkatkan produktivitas pelabuhan sehingga bisa meningkatkan posisi Samarinda Sebagai Ibukota Kalimantan Timur dapat meningkatkan daya saing serta menjadikan Indonesia dalam index layanan logistik dunia (World Logistic Performance Index).

Kegiatan bongkar muat di pelabuhan-pelabuhan dalam lingkup Pelindo 4 Samarinda bisa berlangsung 24 jam." Dengan sendirinya, hal itu akan mempengaruhi perubahan indikator-indikator yang terdapat dalam index logistik dunia.

Seperti diketahui bahwa ada beberapa kalangan mengatakan bahwa pelayanan pelabuhan 24 jam tidak efisien, terlebih dalam hal mekanisme kerja yang terkait dengan pelabuhan dan juga faktor manusianya.  Dengan membuka layanan 24 jam, maka kita bisa mengikuti ritme globalisasi perdagangan. Urusan administrasi bea cukai, waktu bongkar muat juga menjadi lebih cepat dan mendorong daya saing pelabuhan Samarinda Khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Indeks Logistik Indonesia pada 2010 berada pada peringkat 75 dunia, sementara dalam urusan pelayanan bea cukai di peringkat 72, infrastruktur rangking ke-69, kompetensi dan kualitas logistik di posisi ke-92.

Sedangkan peringkat "tracking" dan "tracing" (melacak posisi barang) di posisi ke-80 dan kecepatan waktu pelayanan berada di peringkat ke-69, serta upaya kemudahan dalam pengapalan di posisi ke-80 dunia.

Kita inginkan agar terjadi perubahan dalam jangka pendek sehingga Posisi Index Logistic kita adkan lebih baik dari tahun ke tahun. (agn-smd)